Search

CEO TALKS ILUNI MMUI “Explore Opportunity in Disrupted Economy”


Pada tanggal 18 April 2018 telah berlangsung kegiatan CEO Talks dengan tema “Explore Opportunity in Disrupted Economy” oleh ILUNI MMUI di gedung XXI Epicentrum, Kuningan. Dalam kegiatan ini dihadirkan tiga CEO yang sudah tak asing lagi di Indonesia, yakni Achmad Zacky yang merupakan Founder sekaligus CEO Bukalapak, Donny Oskaria CEO TransCorp, dan Arif Wibowo CEO Airfast Indonesia yang juga merupakan ex-CEO Garuda Indonesia sekaligus Ketua ILUNI MMUI. Sebanyak 500 peserta yang tergabung atas Mahasiswa beserta profesional menghadiri acara ini.

Selama kegiatan seminar berlangsung, ketiga pembicara ini saling berbagi mengenai pengalaman serta bagaimana mereka menghadapi tantangan bisnis dari waktu ke waktu. Berikut uraian singkat yang disampaikan oleh pembicara CEO Talks Part 1 yang dilaksanakan oleh ILUNI MMUI di gedung XXI Epicentrum, Kuningan.

Donny Oskaria – CEO TransCorp.

Donny Oskaria lahir di Tanjung Alam, tanah Datar, Sumatra Barat pada tahun 1969. Donny menyelesaikan program pendidikan MBA di The Asian Institute of Management Filipina. Sifat gigih serta pantang menyerahnya mengatarkan Dony pada posisi-posisi penting. Ia beberapa kali menjabat sebagai CEO perusahaan, salah satunya TransCorps.

Hadirnya Donny Oskaria di acara ini tidak lain untuk membagikan pengalamannya dalam dunia bisnis serta memberikan berbagai macam solusi yang memungkinkan bisa diambil oleh seorang pembisnis. Menurutnya Bisnis yang mampu menghadapi segala tantangan adalah bisnis yang mampu memahami Constumer Behavior, karena pada akhirnya Bisnis itu bergantung pada kemudi dari pada kencenderungan konsumen. CT CORPS sendiri didesain dengan konsep Web Bisnis Integration dengan titik utamanya adalah Konsumen.

Donny juga menjelasakan secara singkat mengenai keterkaitan antara bisnis online dengan bisnis offline. Menurutnya model bisnis bisa berubah kapan saja dan mengalami peputaran. Bisnis online bisa saja berubah menjadi bisnis offline dan sebaliknya bergantung pada permintaan pasar serta tuntutan kebutuhan yang ada.

Di penghujung acara, Donny juga menyampaikan kepada seluruh peserta seminar, bahwa untuk bergabung ke dunia bisnis diperlukan waktu yang tepat serta pilihan yang komprehensif. Dalam menjalaninya sebuah perusahaan harus mampu bertahan dengan pengambilan keputusan yang tepat. Kunci utama dalam menghadapi semua hal itu adalah dengan memberikan inovasi dan memahami pasar yang ada. Kita juga perlu sadar bahwa perubahan harus dilakukan setiap waktu, karena pasar membutuhkan hal-hal baru.

Achmad Zacky – Founder & CEO Bukalapak.

Achmad Zacky lahir di Sragen, Jawa Tengah 24 Agustus 1986. Pada Tahun 2004 ia menyelesaikan pendidikan Starta 1 di Institut Teknologi Bandung jurusan Teknik Informatika. Selama masa studi Zacky memiliki kemampuan akademis yang baik. Walaupun dirinya tidak memiliki latar belakang pendidikan di bidang bisnis, namun beberapa kali dirinya mencoba memulai bisnis. Meski seringkali dihadapkan pada kegagalan, kerja keras dan kegigihannya mengantarkan Zacky pada posisi CEO Bukalapak dengan kapitalisasi asset 1 Milyar USD.

Pada kesempatan ini, Zacky memaparkan mengenai perjuangannya dalam mendirikan Bukalapak. Bukalapak sendiri merupakan perusahaan e-commerce Indonesia yang memiliki basis marketplace C2C serta berfokus pada pemberdayaan usaha Kecil Menengan (UMKM) Indonesia.

Berawal dari keprihatinan terhadap pedagang kecil di daerah, Zacky mecoba untuk memberikan suatu invovasi baru agar pedagang kecil tersebut bisa lebih terbantu aksesnya dengan teknologi.

Dibarengi dengan kemampuan yang ia miliki bersama temannya, Zacky mulai mendirikan Bukalapak. Selama 1 tahun lamanya Zacky berusaha memperkenalkan bisnisnya tersebut dengan berbagai cara. Namun, tetap tidak mendapatkan hasil yang signifikan. Sampai pada akhirnya seorang investor Jepang menemui Zacky dan bersedia memberikan Modal. Kesempatan ini kemudian dia manfaatkan sebaik-baiknya. Bermodalkan kerja keras serta rasa tanggung jawab, Zacky terus mengevaluasi segala macam hal, hingga pada akhirnya perusahaan yang ia ciptakan mengalami pertumbuhan yang sangat cepat.

Kesuksesan yang ia dapatkan tidak lain merupakan hasil dari kerja keras serta konsistensi dalam menjalani berbagai tahapan. Baginya apa yang di dapatkannya saat ini bukan sesuatu yang bisa instan di dapatkan begitu saja. Zacky berpesan kepada seluruh anak muda yang ingin ikut serta di dunia bisnis, terutama e-commers harus menyiapkan mental dan konsistensi.

FOLLOW US 
  • Facebook
  • Instagram
@2020 IKATAN ALUMNI MAGISTER MANAJEMEN UNIVERSITAS INDONESIA