logo%20MM_edited.jpg
Sejarah Ikatan Alumni Magister Manajemen Universitas Indonesia

Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia berdiri berdasarkan Surat Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, No. 565/D/Q/88 perihal “Pembukaan Program Pasca Sarjana Magister Manajemen”, yang kemudian dibuka oleh Prof. Dr. Ali Wardhana pada tanggal 7 Oktober 1988.


MM-FEBUI menyelenggarakan 2 (dua) jenis program MM, yaitu Program Reguler dan Program Khusus. Pada Program Reguler terdapat peminatan Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan, Manajemen Umum, dan Manajemen Sumber Daya Manusia. 

Sedangkan pada Program Khusus terdapat peminatan  Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan, Manajemen Umum, dan Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Operasi, MM Aktuaria, MM Manajemen Risiko, MM Pasar Modal, MM Shariah dan Program MM-MBA (bekerjasama dengan IAE, Universite Grenoble Alpes, Perancis).

Ikatan Lulusan Universitas Indonesia Program Magister Manajemen UI (ILUNI MM) didirikan pada tanggal 9 Mei 1992, diprakarsai oleh para alumni angkatan pertama MM-FEB UI (angkatan 1988) dan dipimpin oleh Bapak Setyo Hari Wijanto sebagai ketua umum yang pertama. Periode awal ini lebih mengutamakan dibangunnya kesadaran bahwa alumni MMUI harus memperkuat jaringan dan saling bersinergi.


Setelah cukup vakum beberapa tahun, kepemimpinan ILUNI MM pada tahun 1999 digantikan oleh Bapak Asto Sunu Subroto (MMUI angkatan 1992). Pada periode ini dibuat akte pendirian ILUNI MM secara resmi pada tanggal 1 Desember 2010 dengan nama perkumpulan Ikatan Alumni Unversitas Indonesia Magister Manajemen. Kegiatan yang menonjol pada periode ini adalah penyelenggaraan Golf Tournament dan Manajemen Forum melalui seminar yang ditujukan untuk kalangan umum.


Pada tanggal 29 April 2016, atas inisiasi Bapak Harryadin Mahardika (selaku Kepala Program Studi MMUI) dan Bapak Donny Abdul Cholid (Selaku Kepala Departemen Manajemen FEB-UI) diadakan untuk pertama kalinya acara Gala Dinner HUT MMUI ke 28 di Balai Sudirman, Jakarta. Pada momen tersebut, selain acara penghargaan, apresiasi, hiburan dan lain-lain, diperkenalkan kepengurusan Iluni MM yang baru di bawah kepemimpinan Bapak Gatot Permadi Joewono (MMUI angkatan 1992). Kepengurusan yang terbentuk merupakan realisasi dari acara pre-event Alumni Gathering & Networking yang berlangsung tanggal 15 April 2016. Pada periode ini mulai dilakukan penggalangan komunitas melalui penerbitan kartu anggota, pembuatan T-shirt alumni MMUI dan penyelenggaraan sharing session sesama alumni MMUI.


Kepengurusan Bapak Gatot Permadi Juwono tidak berlangsung lama, karena pada tanggal 24 Maret 2017 beliau meninggal dunia akibat sakit. Seluruh pengurus sangat berduka dan kehilangan, namun semua memutuskan tetap komitmen melanjutkan program-program yang ada dibawah kepemimpinan Mohammad Mustaqim selaku Sekretaris Jendral Iluni MM.


Setelah melalui proses pencarian dan diskusi, pada tanggal 9 Desember 2017, dilantik Ketua Umum Iluni MM yang baru yaitu Bapak Muhammad Arif Wibowo (MMUI angkatan 1994) oleh Ketua Iluni UI Bapak Arief B Hardono dan Sekretaris Jendral Iluni FEB-UI Bapak Pahala Mansyuri. 
Pada periode ini program kerja yang sangat menonjol adalah penyelenggaraan "CEO Talks - Beyond Theory" sebagai brand event yang menjadi ciri khas ILUNI MM. Kegiatan halal bihalal dan sharing session antar sesama alumni MMUI juga terus dilanjutkan pada periode ini, salah satunya adalah KUMBA (Kumpul Bahagia).